Banyak orang yang melakukan perjalanan tanpa persiapan sama sekali, “go show aja deh”, begitu kira-kira komentar mereka pada saat hendak melangsungkan perjalanan. Berikut sedikit tips sebelum melakukan perjalanan.

Istirahat Cukup

istirahat cukup (image copyright by their respective)

istirahat cukup

Kegiatan yang kelihatannya sepele ini sebenarnya berpengaruh cukup besar terhadap sukses tidaknya suatu perjalanan. Kurangnya istirahat dapat memicu gangguan mental dan fisik. Bila salah satunya terganggu, bukan tidak mungkin  perjalanan yang semula menyenangkan berbalik 180 derajat menjadi perjalanan yang membosankan. Tambahkan sedikit dengan terpencilnya lokasi perjalanan anda, maka perjalanan anda menjadi sebuah malapetaka sempurna. Ingat, Setiap kegiatan outdoor hampir dapat dipastikan, selalu menuntut waktu (aktifitas) yang lebih banyak daripada kegiatan harian seperti bekerja dan bersekolah. Dengan kata lain, waktu istirahat anda jauh lebih sedikit lagi dari biasanya. Selain kondisi tubuh menjadi fit dan awareness terjaga, istirahat yang cukup juga dapat membuat perjalanan anda jauh lebih menyenangkan.

Olahraga

olahraga (image copyright by vectorjungle.com)

olahraga

Aktifitas outdoor seperti hiking misalnya, sudah barang tentu membutuhkan kemampuan tubuh prima. Bila dengan beristirahat cukup, kesehatan kita dapat terjaga dengan baik, maka, dengan berolahraga, kekuatan dan daya tahan tubuh kita pun meningkat. Beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari ber-olahraga adalah, meningkatnya kemampuan otak dan mengurangi stress.

Makan Cukup

Makan Cukup (image copyright by their respective)

Makan Cukup

Cukup dalam hal ini adalah, kecukupan dalam standard gizi, 4 sehat 5 sempurna. Usahakanlah makan, makanan yang banyak mengandung serat. Untuk menghindari gangguan pencernaan. Jangan terlalu banyak makan, karena selain anda akan kerepotan mencari toilet nantinya, sudah barang tentu pengeluaran anda akan semakin banyak, hehe.

Rencanakan perjalanan dengan cermat

Rencanakan Perjalanan (image copyright by their respective)

Rencanakan Perjalanan

“Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”. Tidak jarang kita mendengar ungkapan ini, tapi sering pula kita mengabaikannya. Ingatlah selalu, perjalanan yang terencana dengan baik dapat menghindari waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia. [BEM]