Jadah Tempe

Jadah Tempe

Jalan-jalan dan makan-makan sepertinya sudah jadi satu paket. Tidak afdol rasanya kalau pergi ke satu tempat tanpa mencicipi hidangan setempat. Bila teman-teman tahu tentang Ullen Sentalu yang letaknya di Kaliurang, maka kali ini Aku akan membahas makanan khas dari sana.

Sederhana saja sebetulnya makanan khas Kaliurang ini, kombinasi tempe bacem dan jadah, dan karena itu jugalah maka disebut dengan jadah-tempe. Orang Indonesia mana sih yang ga kenal tempe? Rasanya makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia dalam beraneka ragam olahan.

Tempe bacem, bagi yang belum tahu, adalah tempe yang dibumbui dengan gula jawa dan ketumbar kemudian digoreng. Sedangkan jadah, mungkin tidak semua penduduk Indonesia familiar dengan makanan yang satu ini. Jadah terbuat dari beras ketan yang ditanak kemudian dihaluskan dan dicampur dengan kelapa. Rasanya? Uhmm, gurih!, Jadi bisa kebayang kan?, jadah-tempe ini merupakan perpaduan manis-gurih, sedap nian!

Jadah-tempe bisa ditemui dimana-mana di Kaliurang. Di sepanjang jalan menuju taman bermain yang ada di Kaliurang misalnya, teman-teman akan dengan mudah berpapasan dengan ibu-ibu yang memanggul tenggok berisi jualan jadah-tempe ini, selain juga beberapa warung dengan menu andalan yang sama. Tapi kalau kita menyebut jadah tempe, ada satu tempat yang sepertinya identik dengan makanan ini, yaitu Warung Mbah Carik.

Ada beberapa cabang Mbak Carik di Kaliurang, tapi warung yang paling terkenal berlokasi di Jalan Astamulya. Duduk-duduk di bale-bale warung Mbah Carik, menikmati udara segar pegunungan sambil nge-teh dan makan jadah tempe, dijamin akan memberikan pengalaman tersendiri. [FIN]