Sebelumnya saya ingin meminta maaf kepada teman-teman sekalian atas keterlambatan pengumuman pemenang Turnamen Foto Perjalanan Ronde 19 kali ini. Tuntutan hidup membuat saya—mau tidak mau—jadi sok sibuk. Harap dimaklumi ya.😀

***

Seperti yang dialami para pemenang sebelumnya, kesulitan memilih pemenang berikutnya pun turut saya rasakan. Submisi foto perjalanan yang sesuai tema cukup banyak. Dan dari yang banyak tersebut, beberapa telah saya nobatkan sebagai kandidat pemenang – ketika saya lihat untuk pertama kalinya (diikut-sertakan dalam turnamen ronde 19 kali ini.)

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memilih satu orang pemenang diantara beberapa kandidat terpilih tadi. Tentu ini bukan perkara mudah, apalagi nilai masing-masing kandidat tersebut saling mengisi pada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih sang juara.

Walaupun demikian, selain beberapa faktor penunjang – sebuah foto – untuk bisa diangkat sebagai pemenang, ada dua pertimbangan terbesar yang menjadi concern saya, pertama, sebuah pertanyaan, “tanpa membaca keterangan yang menyertai sebuah foto, bisakah saya melihat foto tersebut sebagai suatu kejadian yang terjadi secara kebetulan dan hampir sulit ditemukan?” dan yang kedua, tentu saja selera pribadi—sebagai “juri.”

Harap diingat, yang belum terpilih sebagai pemenang bukan berarti karyanya jelek, ini lebih kepada peraturan yang “memaksa” saya untuk memilih “satu,” dan bukan “beberapa” pemenang. Semoga teman-teman yang belum menang pada ronde kali ini tidak kecewa serta menganggap turnamen ini lebih kepada ajang silaturahmi antar kita sebagai penikmat foto juga jalan-jalan.

Akhirnya, tanpa perlu berpanjang lebar lagi, selamat kepada Masbro Yoesrianto (@yoesrianto) yang telah terpilih sebagai Pemenang Turnamen Foto Perjalanan – Ronde 19: “Moment” dengan foto berjudul “Katanya harus senyum.”

Katanya harus senyum

Katanya harus senyum

Selamat menjadi tuan rumah Turnamen Foto Perjalanan Ronde 20 untuk Masbro Yoesrianto #applause

Untuk memeriahkan ronde selanjutnya, mari kita nge-riung di rumah sang pemenang. Jangan lihat “gw harus menang”-nya ya, tapi mari kita lihat kebersamaan yang terbangun dari event ini. Salam. [BEM]