Tidak jarang, prosesi packing menjadi satu hal yang paling sering membuat pusing sebelum melakukan perjalanan. “Waduh, gw musti bawa apaan yah? Ini udah, itu udah, apalagi yang kurang yah?”. Begitulah kira-kira yang paling sering saya tanyakan pada diri sendiri menjelang ritual backpacking trip, walaupun sering bepergian, namun sepertinya tetap saja hal ini terus berulang, dan berulang lagi. Lantas, apa saja sih hal yang harus kita perhatikan berkaitan dengan mahluk bernama packing ini? Berikut tips packing sederhana dari saya, semoga membantu membuat perjalanan kita jadi lebih menyenangkan😀

Sebelum memulai, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

Tujuan perjalanan

kemana tujuan pastinya?

Kemana tujuan pastinya?

Hal ini penting untuk menentukan genre barang-barang bawaan kita. Gak mungkin kan bawa bikini buat trip ke gunung? :p

Durasi perjalanan
Mengetahui lamanya waktu bepergian akan memudahkan kita untuk menentukan seberapa banyak barang-barang yang harus dibawa. Membawa pakaian 2 minggu untuk bepergian 3 hari tentunya bukan pilihan cerdas bukan?

Tujuan perjalanan? udah tau. Durasi perjalanan? juga udah tau. Terus tips packing sederhana yang dimaksud itu yang kayak apa sih? Ok, yuk kita bahas satu persatu.

Pakaian

Satukan dengan pasangannya
Pastikan pakaian yang akan dibawa sesuai dengan lamanya perjalanan anda, satukan dengan pasangannya (baju dengan celana). Roll, don’t fold. Usahakan gulungannya sekecil mungkin, kemudian ikat dengan karet gelang dan masukkan kedalam kantung plastic. Susun di ransel atau koper anda, usahakan sepadat mungkin sehingga tidak memakan banyak tempat.

Susunan dengan benar dan susunlah secara tematik

image copyright by their respective

Packing chart

Tempatkan barang-barang yang lebih ringan di bagian bawah dan terjauh dari punggung, baru kemudian yang agak berat diletakkan di tempat yang terdekat dengan punggung dan tidak terkumpul dibahu. Barang-barang yang paling sering digunakan dan sifatnya emergency, sebaiknya diletakkan ditempat yang paling mudah dijangkau.

Wash bag

image copyright by their respective

Wash Bag

Bawalah perlengkapan mandi berukuran kecil, seperti misalnya; sikat gigi lipat, pasta gigi berukuran paling kecil, shampoo sachet, handuk renang (kanebo), sabun cair, dan sebagainya.

Dokumen

image copyright by their respective

Dokumen

Ada baiknya seluruh dokumen yang diperlukan selama perjalanan seperti; passport, tiket (bila tidak dalam bentuk e-ticket), ID card, dan lain-lain, di-scan terlebih dahulu, kemudian dikirim ke email pribadi. Sehingga, bilamana terjadi, dokumen-dokumen tersebut hilang selama diperjalanan, anda masih memiliki copy-an nya. Ada baiknya juga, membiasakan diri dengan mencatat nomor-nomor telepon penting, seperti misalnya nomer telepon kartu kredit, bilamana terjadi kehilangan, akan memudahkan anda melakukan pemblokiran terhadap kartu-kartu tersebut.

Tas kecil

image copyright by their respective

Travel pouch

Bawa satu tas kecil guna meletakkan barang-barang pribadi yang sering di gunakan, misal dompet, handphone, tiket, obat-obatan pribadi, sabun pencuci muka dan sikat gigi, sehingga tidak perlu membongkar ransel atau koper kita setiap saat kita membutuhkannya.

Pisahkan

image copyright by their respective

Pisahkan

Pisahkanlah uang tunai, atm, cek perjalanan, atau apapun yang kita gunakan untuk membiayai perjalanan, dibeberapa tempat,sehingga jika salah satu tas kita hilang, kita masih mempunyai cadangan uang untuk melanjutkan perjalanan (kecuali kalau tas-nya hilang semua, ya sudah, pasrah saja. Mau gimana lagi coba?)

Plastic Bag

image copyright by their respective

Plastic Bag

Siapkan beberapa buah plastik. Yang paling baik adalah yang bisa ditutup-buka dengan mudah dan kedap udara semisal plastic zipper untuk pembungkus makanan, siapkan beberapa, karena nantinya kantong plastik ini akan sangat berguna untuk membungkus pakaian kotor ataupun lainnya. Dan sesuaikanlah ukuran plastik dengan barang yang hendak dikemas. Sedikit lebih besar dari barang yang akan dikemas akan lebih baik. Semoga tips packing sederhana diatas dapat membantu anda packing sebelum melakukan sebuah perjalanan backpacking.

Dan pada akhirnya ……… yuk packing, yuk jalan-jalan … [IKA]