Rock Garden Bandung Barat

Rock Garden terlihat dari bawah

Tepat dibagian atas gua Pawon, terdapat hamparan batu-batu besar yang berserakan dimana-mana. Rock Garden, begitulah kira-kira julukan yang diberikan oleh hampir setiap pengunjung yang datang. Sekitar 30 meter sebelum pintu masuk gua pawon, anda harus berjalan kaki menapaki punggungan Bukit Masigit dengan kemiringan bervariasi mulai dari 35 derajat hingga 75 derajat.

Rock Garden Bandung Barat

Rock Garden dari puncak bukit di Pegunungan Masigit

Membutuhkan waktu sekitar 30 menit menapaki jalur menanjak untuk bisa sampai di taman batu ini. Jalur yang sering pula digunakan oleh masyarakat setempat untuk mencari kayu bakar atau menuju ladang mereka di atas sana.

Jalur setapak yang menjadi licin pada musim hujan ini (karena sebagian besarnya masih didominasi oleh tanah merah yang sangat subur) dihiasi dengan tumbuhan khas area perbukitan dengan ketinggian hingga 2 meter dikanan kirinya. Sesampainya di atas bukit, rasa kagum menyelimuti hati Saya, betapa tidak?, “gimana caranya nih batu segede-gede begini bisa sampe sini?”, begitu kira-kira gumam Saya dalam hati.

rock garden view dari lereng bukit bagian belakang

Serakan bebatuan tersebut ada yang sebesar bola kaki, bahkan ada yang sebesar rumah. Menurut penelitian beberapa ahli, batuan ini merupakan batuan karang pada jaman dahulu kala pada saat masih berupa kaldera gunung raksasa purba. Dari puncak bukit ini pula, kita dapat melihat pemukiman penduduk yang hanya terdiri dari beberapa rumah saja di satu sisi, dengan bukit yang habis terkikis sebagian karena penambangan kapur oleh masyarakat sekitar. (BEM)