Karimun Jawa

Karimun Jawa

“Ika, pernah ke Karimun Jawa yah? Mau donk info caranya ke sana”. Sebuah pertanyaan yang sering saya dapatkan ketika teman-teman saya tahu bahwa saya pernah ke Kepulauan Karimun Jawa.

Karimun Jawa semenjak tahun 2001 mempunyai nama resmi Taman Nasional Karimun Jawa. Terdiri dari gugusan 27 pulau. Dari 5 pulau yang telah berpenghuni, salah satunya adalah yang biasa di sebut Karimun Jawa.

Semua kegiatan masyakat terpusat di pulau Karimun Jawa atau juga biasa disebut mainland. Keindahan kepulauan Karimun Jawa cukup terkenal hingga ke pelosok negeri bahkan sampai ke mancanegara.

Untuk mencapai kepulauan Karimun Jawa, kita dapat memilih transportasi laut dari 2 kota berbeda, yaitu Semarang dan Jepara.

Pilihan pertama, yaitu berangkat dari Semarang. Dari Semarang kita dapat pergi ke Karimun Jawa melalui pelabuhan Tanjung Emas, dengan menggunakan kapal cepat Kartini. Dengan kapal cepat ini, perjalanan dari Semarang ke Karimun Jawa dapat ditempuh dalam waktu 4 – 5 jam.

Tersedia dua kelas yang bisa anda pilih. Kelas Executive dengan tarif 95.000 rupiah dan kelas Bisnis dengan tarif 80.000 rupiah. Kapal cepat Kartini sendiri tidak melayani penyebrangan setiap hari, oleh karena itu perhatikanlah dengan baik jadwal kapal dan cocokkan dengan rencana perjalanan anda.

Jadwal dari Semarang menuju Karimun Jawa dilayani setiap Sabtu Pukul 09.00 Pagi hari dan dari Karimun Jawa Hari Minggu pukul 14.00

Sedangkan pilihan kedua adalah berangkat melalui Jepara. Pilihan kedua ini lebih hemat daripada yang pertama, karena menggunakan kapal penyebrangan ASDP Muria. Tarifnya relatif murah. Untuk kelas Ekonomi dikenakan tarif 31.000 rupiah dan untuk kelas VIP dikenakan tarif 61.000 rupiah.

Namun, tentunya anda cukup mahfum dengan ungkapan “Ada uang, ada barang”. Ungkapan tersebut juga berlaku disini. Dengan harga yang relatif murah, jangan mengharapkan waktu tempuhnya akan sama seperti kapal cepat Kartini.

Waktu tempuh kapal Muria lebih lama, sekitar 6-7 jam perjalanan. Itupun masih sangat tergantung dari cuaca. Ngomong-ngomong soal cuaca, ada baiknya anda juga memperhatikan kondisi cuaca jika hendak berlibur ke Karimun Jawa. Waktu yang paling baik untuk mengunjunginya adalah bulan Mei hingga bulan Agustus.

Sama halnya dengan Kapal Kartini, kapal Muria ini pun tidak melayani penyebrangan setiap harinya. Penyebrangan dari Jepara ke Karimun sendiri dilayani pada hari Senin, Rabu, Sabtu. Sedangkan penyebrangan dari Jepara dilayani pada hari Minggu, Selasa, Kamis. Umumnya, kapal Muria ini berangkat pukul 08.00 pagi baik dari Jepara ataupun dari Karimun Jawa.

Sedangkan bila anda berniat untuk mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar kepulauan Karimun Jawa, anda dapat menyewa perahu nelayan setempat yang biasanya memang mereka sediakan untuk membawa kita berkeliling kepulauan ini. Tarifnya mulai dari 250.000 rupiah, tergantung kemampuan anda bernegosiasi.

Lamanya waktu tempuh dan terbatasnya transportasi menuju Karimun Jawa, sering kali membuat wisatawan enggan berkunjung kesana. Namun semua itu akan terbayar dengan keindahan panorama yang tersebar di kepulauan Karimun Jawa. Jadi, ayo kita ke Karimun Jawa!. [IKA]